Program ASEAN- Japan East Asia network of Exchange and Youths (JENESYS) | Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

Program ASEAN- Japan East Asia network of Exchange and Youths (JENESYS)

IMG-20171004-WA0058

Bekasi-IBM Bekasi, Dalam rangka membangun solidaritas di Asia Timur, pemerintah jepang mencanangkan program ASEAN-Japan East Asia network of Exchange and Youths (ASEAN-JENESYS) dengan mengundang pemuda dan pelajar ke Jepang. Program ASEAN-JENESYS akan berlangsung selama 5 tahun dan setiap tahunnya akan diundang sebanyak 6000 pemuda/pelajar seluruh negara Asia Timur. Di Indonesia program ini diselenggarakan dibawah koordinasi Japan Foundation, AFS dan JICE (Japan International Cooperation Center).

Tujuan program adalah untuk memberi landasan yang kuat bagi terciptanya hubungan kerjasama yang erat diantara para remaja yang merupakan generasi penerus yang akan berperan penting di negara-negara Asia Timur dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan ini, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi (IBM Bekasi) mendapat kesempatan mengutus perwakilan mahasiswanya sebagai peserta dalam program ASEAN-Jenesys. Kemudian terpilih Sdr. Muhammad Rizqi Fauzi menjadi wakil satu-satunya Mahasiswa IBM Bekasi dari Prodi Manajemen yang turut serta mengikuti Program Jenesys ini dan bergabung dengan Delegasi PP. Muhammadiyah dan kampus Muhammadiyah lainnya.

Program ASEAN-Jenesys ini berlangsung tanggal 01-10 Oktober 2017, Selama 10 hari kunjungan ke Jepang, peserta akan dibagi kedalam kelompok dan berkunjung ke beberapa prefektur yang berbeda. Kegiatan akan diisi dengan memperdalam pemahaman mengenai Jepang, kunjungan-kunjungan (ke sekolah, pusat penelitian, museum, dan peninggalan budaya), interaksi dengan remaja Jepang melalui diskusi dan melihat serta merasakan langsung budaya Jepang melalui homestay.
(mR)

Source : Kemlu.go.id